6 Cara Kesehatan Pro Menghilangkan Ngorok Saat Tidur

Tanpa kita sadari hampir semua orang mendengkur atau mengorok ketika sedang tidur, bahkan kita juga pernah mengalaminya.Tapi jika mendengkur sering terjadi dapat mempengaruhi kualitas tidur anda dan anggota keluarga kita yang sedang tidur sekamar bahkan yang tidak sekamar dengan kita. Oleh sebab itu Kesehatan Pro akan membahas ini Cara menghilangkan ngorok saat tidur.
Agar masalah ini tidak berlarut terlalu lama bahkan bisa menimbulkan banyak masalah lain, Seperti kurang tidur dan kelelahan di siang hari, cepat marah dan peningkatan masalah kesehatan, jika anda mendengkur setiap hari , mungkin pasangan anda akan marah karena dengkuran anda.

Faktor Penyebab Tidur Ngorok
  • Kelebihan berat badanJika berat badan Anda naik dan mulai mendengkur, sedangkan sebelumnya tidak mendengkur, maka menurunkan berat badan dapat membantu. “Jika berat badan bertambah di sekitar leher, maka hal ini dapat mengecilkan diameter tenggorokan, sehingga meningkatkan kemungkinan anda mendengkur,” begitu kata Slaughte.
  • Usia.  Hal ini terkait dengan penurunan kelenturan otot dan jaringan dalam saluran aliran udara bagian atas yang menyebabkan mendengkur. Pada wanita menopause yang kehilangan hormone progesterone akan menyebabkan terjadinya penurunan kelenturan otot dan pada akhirnya akan menyebabkan kondisi mendengkur.
  • Jenis Kelamin dan Faktor Keturunan.  Pria memiliki saluran udara yang lebih sempit daripada wanita dan lebih mungkin mengalami ngorok. Tenggorokan sempit, langit-langit sumbing, kelenjar gondok membesar, dan atribut fisik lainnya yang berkontribusi terhadap mendengkur sering turun-temurun.
  • Alkohol, merokok, dan obat-obatan. Efek samping yang ditimbulkan dari obat-obatan adalah dapat menekan sistem saraf pusat sehingga otot-otot menjadi lebih kendur.

Top  Cara Dewa Menghilangkan Ngorok Saat Tidur
  1. Menurunkan berat badan - Faktor utama yang mengakibatkan orang tidur mendengkur adalah kelebihan berat badan. Orang yang bertubuh gemuk, cenderung memiliki kemungkinan mendengkur lebih banyak dibandingkan orang yang memiliki tubuh kurus. Tubuh gemuk bisa mengakibatkan adanya penumpukan lemak dan penyempitan pembuluh darah.
  2. Olahraga – juga dapat membantu untuk menghilangkan ngorok saat tidur. Serta membantu penurunan berat badan, berolahraga dengan menggerakkan lengan, kaki, leher dan anggota tubuh lainnya akan mengencangkan otot-otot di tenggorokan, yang pada gilirannya dapat mengurangi mendengkur.
  3. Ubah posisi tidur - Jangan sepelekan posisi tidur Anda. Posisi tidur yang tidak benar akan menyebabkan Anda mendengkur. Biasanya bunyi dengkuran akan terdengar saat tidur dengan posisi telentang. Hal ini mengakibatkan lidah tertarik ke belakang dan aliran udara mengalami penyempitan.  Dengkuran terjadi ketika langit-langit rongga mulut, tekak, lidah, tonsil atau otot di belakang tenggorokan saling bersentuhan satu sama lain, dan menimbulkan suara getar selama tidur. Karenanya, coba ubah posisi tidur Anda dengan cara tidur menyamping.
  4. Batasi Alkohol – minum alkohol melemaskan otot-otot saluran udara bahkan lebih dari normal menyebabkan jatuhnya jalan napas dan memburuknya mendengkur. Batasi konsumsi alkohol (untuk menurunkan berat badan) dan menghindari minum setidaknya 4 jam sebelum tidur.
  5. Hirup uap air sebelum tidur - Cara lain yang bisa dilakukan untuk menghilangkan dengkuran adalah dengan menghirup uap air untuk membantu membersihkan rongga hidung, agar Anda dapat bernafas dengan lancar dan lega. Sebelum tidur, cobalah basahkan handuk dengan air hangat dan hirup uapnya. Lakukan cara ini selama 10 menit. Cara ini akan menghilangkan lendir penyebab hidung tersumbat dan menghalau udara kering yang masuk ke rongga hidung.
  6. Berhenti merokok – Merokok menyebabkan hidung tersumbat dan peradangan yang menyebabkan memburuknya tidur ngorok. Agara cara kita dalammenghilangkan ngorok berhasil, maka berhenti merokok dan ini juga bisa meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.


0 Response to "6 Cara Kesehatan Pro Menghilangkan Ngorok Saat Tidur"

Posting Komentar